Teknik Dasar Menggunakan Perintah Hatch

Teknik dasar menggunakan perintah Hatch – Bagi para pengguna aplikasi AutoCAD yang bingung bagaimana menggunakan perintah Hatch, kali ini saya akan menjelaskan teknik dasar penggunaannya, berikut langkah – langkahnya:

Perintah Hatch Pick Point

AutoCAD Perintah Hatch Pick Point

Caranya:
Ketik hatch > enter > kemudian akan muncul “Hatch and Gradient Dialog Box” > pilih jenis pola yang anda inginkan pada “swatch” > kemudian klik “Add Pick Points” > kemudian cari area yang ingin di berikan pola > tekan enter > klik tombol ok.

Perintah Hatch Select Objects

AutoCAD Perintah Hatch Select Object

Caranya:
Ketik hatch > enter > kemudian akan muncul “Hatch and Gradient dialog box” > pilih jenis pola yang anda inginkan pada “swatch” > kemudian klik “add select objects” > pilih objek yang akan anda berikan pola > tekan enter > klik tombol ok.

Note: Jika pola pada objek terlihat kekecilan ataupun kebesaran, anda dapat memasukkan skala hatch yang diinginkan, tekan tombol preview untuk melihat hasilnya, dan bila sudah sesuai barulah anda klik tombol ok.

AutoCAD Perintah Hatch Scale

Editing Perintah Hatch

Ketika anda sudah mengaplikasikan pola pada sebuah objek tertutup dan ingin merubahnya atau mengganti dengan pola dan skala yang baru, anda dapat menggunakan langkah – langkah berikut.

AutoCAD Perintah Hatch Editing

Caranya:
Ketik properties > enter > kemudian akan muncul “Properties Dialog Box” > pada kolom pattern, klik type untuk merubah pola dan Scale untuk merubah skala pola.

Kembali ke Perintah Dasar Menggambar

1 comment :

  1. saya juga membuat Tutorial cara membuat Arsiran di autocad, silahkan meluncur ke draftercad.com
    trims

    ReplyDelete